Pengertian kebudayaan, penyebab terjadinya perubahan kebudayaan dari bangsa timur ke bangsa barat (tugas softskill ILMU BUDAYA DASAR)

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa sanskerta  yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.

Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

 

KEBUDAYAAN BANGSA TIMUR:

Orang-orang timur mempunyai manner yang khas yang membedakannya dengan bangsa lain. Bangsa timur sangat terkenal dengan hospitality atau keramahtamahannya terhadap orang lain bahkan orang asing sekalipun.  Bagaimana mereka saling memberikan salam, tersenyum atau berbasa basi menawarkan makanan atau minuman. Bangsa timur juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai atau norma norma yang tumbuh di lingkungan masyarakat mereka. Contohnya saja nilai kesopanan.

 

KEBUDAYAAN BANGSA BARAT:

Konsep budaya Barat umumnya terkait dengan definisi klasik dari Dunia barat. Dalam definisi ini, kebudayaan Barat adalah himpunan sastra, sains,politik, serta prinsip-prinsip artistik dan filosofi yang membedakannya dari peradaban lain. Sebagian besar rangkaian tradisi dan pengetahuan tersebut umumnya telah dikumpulkan dalam konon barat.Istilah ini juga telah dihubungkan dengan negara-negara yang sejarahnya amat dipengaruhi oleh imigrasi atau kolonisasi orang-orang Eropa, misalnya seperti negara-negara di benua Amerika dan Australia, dan tidak terbatas hanya oleh imigran dari Eropa Barat. Eropa Tengah juga dianggap sebagai penyumbang unsur-unsur asli dari kebudayaan Barat.

 

PENYEBAB PERUBAHAN KEBUDAYAAN  BANGSA TIMUR KE BANGSA BARAT:

  1. Sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk.
  2. Sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup. Masyarakat yang hidupnya terbuka, yang berada dalam jalur-jalur hubungan dengan masyarakat dan kebudayaan lain cenderung untuk berubah lebih cepat.
  3. Adanya difusi kebudayaan
  4. Berbagi informasi melalui media cetak dan elektronik.

 

 

 

 

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya

http://idadwiw.wordpress.com/2011/02/14/pengertian-kebudayaan-kepribadian-bangsa-timur-perubahan-kebudayaan/

http://elearning.gunadarma.ac.id/

http://araahe.blogspot.com/2010/12/kebudayaan-bangsa-timur.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Budaya_Barat

http://www.anneahira.com/pengaruh-budaya-barat-901.htm

2 responses to “Pengertian kebudayaan, penyebab terjadinya perubahan kebudayaan dari bangsa timur ke bangsa barat (tugas softskill ILMU BUDAYA DASAR)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s