Pengertian Linux (softskill pendidikan kewarganegaraan)

Linux (Kernel-nya saja) adalah system operasi computer yang bermula dari proyek hobi Linus Torvalds, seorang mahasiswa dari Helsinki University,Finlandia. Linus terinpirasi Minix, suatu system unix kecil yang dikembangkan Prof. Andrew Tanenbaum dari derfein University,Amsterdam

Saat ini Linux adalah system Unix yang sangat lengkap,biasa digunakan untuk jaringan pengembangan software dan bahkan untuk pekerjaan sehari-hari. Linux sekarang merupakan alternative system operasi yang jauh lebih bagus dan baik.

Dalam mengoperasikan Linux membutuhkan kecerdasan tekhnik yang cukup, sebab mengoperasikannya tidak semudah menggunakan system operasi yang lebih popular, seperti Windows,Mac milik Apple Computer, atau OS/2 milik IBM. Namun karena para volunteer developer memuja diri sendiri akan kualitas kerja kerasnya, Linux menjadi cukup dikenal dengan keunggulan sebagai system yang efisien dan jarang sekali terjadi crash.

Berbagai Distro Linux

Linux mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Hal ini dapat dimungkinkan Karena Linux dikembangkan oleh beragam kelompok orang. Keragaman ini termasuk tingkat pengetahuan,, pengalaman, serta geografis. Agar kelompok ini dapat berkomunikasi dengan cepat dan efisien, internet mennjadi pilihan yang sangat tepat, karena kernel Linux dikembangkan dengan usaha yang independent, banyak aplikasi yang tersedia, sebagai contoh, C Compiler menggunakan gee dari Free Software Foundation GNU’s Project. Compiler ini banyak digunakan pada lingkungan Hewlett Packard dan Sun. Sekarang ini, banyak aplikasi Linux yang dapat digunakan untuk keperluan kantor seperti untuk spreadsheet, word processor, database dan program editor grafis yang memiliki fungsi dan tampilan seperti Microsoft Office, yaitu Star Office. Selain itu, juga sudah tersedia versi Corel untuk Linux dan aplikasi seperti matlab yang pada Linux dikenal Scilab. Linux Bisa didapatkan dalam berbagai distribusi(sering disebut Distro).

Distro adalah Bundle dari kernel Linux, beserta system dasar Linux, program instalasi, tools basic, dan program-program lain yang bermanfaat sesuai dengan tujuan pembuatan distro. Ada beberapa distro Linux, diantaranya;

Redhat

Debian

Slackware

SuSe

Mandrake

Win linux

Linux, atau lebih tepatnya GNU/LINUX adalah sebuah system operasi yang jalan pada kebanyakan jenis computer yang terkenal,termasuk PC populer yang berbasis Intel,yang kebanyakan orang pakai dan Mchintos sampai ke mainframe yang besar dan Super computer.

GNU/Linux akan menyapu secar cepat perkembangan computer Dunia,mulai dari pemakai individual melalui perusahaan-perusahaan kecil,Perusahaan-perusahaan besar serta Departemen di pemerintahan.

GNU/Linux didasari pada Software Open Source Software yang source codenya tersedia secara gratis.Keadaan lisensi untuk software open source ini membolehkan kita melihat dan memodifikasi software tersebut dan membagi perubahan yang telah anda buat tersebut secara gratis untuk siapapun.

Ada beberapa keuntungan dari software open source:

Harga TCO(Total Cost of Ownership) system yang berbasis GNU/Linux ini lebih kecil, hamper dari setengahnya,dibanding system yang memiliki hak milik(Copy Right)semacam windows(Microsoft). Malah bis aseperampatnya atau bahkan kurang dari itu.

Keamanan system GNU/Linux jauh lebih tahan dibanding system yang dimiliki secara Khusus dan tertentu oleh suatu perusahaan.

Keanekaragaman anda memiliki kebebasan untuk mencampuri dan mencocokan serta mengubah software yang diinginkan dengan GNU/Linux ini.

Transparasi dengna ketersediaan source code, anda bisa puas karena program yang kita buat seperti yang kita inginkan(Tidak sepenuhnya benar dalam windows system sebagai contoh, bahwa Windows tersebut menjaga segala kerahasiaan yang ada dalam computer kita).

Berkekuatan dengan GNU/Linux, tidak ada satu perusahaanpun yang dapat melanggar secar terus-menerus hak-hak dan privacy anda.

GNU/Linux telah maju kesatu titik dimana pemakai computer dengan kemampuan yang paling sedang sekalipun dapat menggantikan system operasi lama mereka dengan GNU/Linux tanpa kehilangan data-data lama mereka yang berbasis windows.

Linux mendukung banyak platform computer,seperti:

Intel 80386/486/586/686 pentium[Proll]
AMD dan Cyrix yang setara
istem PC dengan Multiprocessor symetris,laptop,notebooks
Digital alpha
Sun SPARC
Motorola68k,Machintos,Power PC
MIPS,
Dsb

sumber : http://dimasrachmanto.blogspot.com/2010/03/pengertian-linux.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s