SIKLUS TRANSAKSI AKUNTANSI (tugas softskill sistem informasi akuntansi)

SIKLUS TRANSAKSI AKUNTANSI

PENDAHULUAN

Untuk mempermudah memahami prosedur ini, merekan disusun oleh siklus transaksi akuntansi. Bab ini menjelaskan  empat siklus transaksi dan memberi anda gambaran ringkas dari deskripsi  terperinci  mengenai siklus ini.

Sistem Informasi Akuntansi adalah satu kesatuan sumber- sumber daya seperti orang dan peralatan, yang dirancang untuk mengubah keuangan dan sumber daya lain menjadi informasi. SIAK juga merupakan suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklasifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi financial dan pengembalian keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan dan pihak ekstern.

Siklus-siklus pemrosesan transaksi memiliki 4 kelompok utama secara tradisional:

a.       Siklus Pendapatan

b.      Siklus Pengeluaran

c.       Siklus Produksi

d.      Siklus pelaporan keuangan/ Siklus Akuntansi

 

 

PERISTIWA EKONOMI

Kita hidup di dalam masyarakat yang kompleks. Masyarakat berisi banyak perusahaan yang mengadakan kegiatan yang berbeda untuk tujuan profit maupun non profit. Sistem akuntansi dirancang untuk merekam/mencatat, meringkas dan melaporkan hasil peristiwa ekonomi  untuk suatu jangkauan luas dari perusahaan.

 

SIKLUS KEGIATAN BISNIS

Penanaman modal

Siklus aktifitas bisnis berawal ketika modal ditanamkan dalam sutau bisnis. Bila sumbernya berasal dari para pemilik, maka penanamannya merupakan kewajaran pemilik. Bila sumbernya berasal dari pinjaman, penanaman modal ini dapat merupakan  utang jangka panjang ataupun jaminan uang di bank.

Akusisi input

Input ini digunakan untuk memperbesar modal perusahaan. Cara pasti yang mereka gunakan tidaklah penting pada poin ini; mereka gunakan secara berbeda untuk bisnis yang berbeda.

Konversi

Langkah berikutnya dalam siklus aktifitas ini adalah konversi input menjadi barang atau pelayanan. Perusahaan menjualnya untuk menambah modalnya. Proses konversi berbeda-beda unutk perusahaan yang berbeda. Satu peristiwa ekonomi yang berlangsung selama konversi adalah pemakaian buruh, bahan, dan biaya eksploitasi untuk membuat suatu produk atau pelayanan yang dapat dijual.

Penjualan

Komponen terakhir dalam siklus aktifitas bisnis dasar adalah penjualan barang dagangan atau pelayanan yang merupakan hasil proses konversi. Bila hasil ini terjual dan mendapat laba, penanaman modal perusahaan bertambah.

 

 

PERISTIWA EKONOMI DAN TRANSAKSI AKUNTANSI

Operasi bisnis yang normal terdiri atas serangkaian peristiwa ekonomi. Serangkaian ini muncul dari siklus aktifitas bisnis yang menjabarkan bagaimana semua kegiatan akuntansi yang benar-benar ada operasi.

Siklus transaksi

Suatu siklus transaksi adalah seperangkat transaksi akuntansi yang terjadi dalam urutan yang normal. Siklus ini merekam peristiwa dari sebuah komponen dalam siklus aktifitas bisnis. Sebagai contoh, sebuah transaksi penjualan normalnya diikuti dengan transaksi pengiriman, transaksi penagihan, dan transaksi kuintansi kontan. Ini menyatakan suatu siklus.

Siklus finansial

Siklus finansial terdiri atas transaksi akuntansi yang merekam akusisi modal dari para pemilik dan kreditor, pemanfaatan modal untuk memperoleh aset produktif, dan pelaporan kepada para pemodal mengenai penggunaan modal itu.

Siklus pengeluaran

Siklus pengeluaran terdiri atas transaksi yang diadakan untuk mendapatkan bahan dan membayar eksploitasi item untuk proses konversi bisnis. Siklus ini memproses transaksi yang menggambarkan peristiwa ekonomi berikut ini: permintaan barang, penerimaan barang, mencatat kewajiban untuk membayar barang, dan membayar untuk barang itu.

Siklus pendapatan

Siklus pendapatan meliputi transaksi akuntansi yang merekam hasil pendapatan dari output proses konversi. Sebagaimana disebutkan didepan, empat peristiwa ekonomi menghasilkan pendapatan; menerima suatu order dari suatu pelanggan, mengantarkan barang atau pelayanan, meminta pembayaran dari pelanggan dan menerima pembayaran.

Siklus konversi

Siklus konversi berisi transaksi yang benar-benar ada ketika input diubah menjadi barang atau pelayanan yang dapat dijual. Sebuah peristiwa ekonomi muncul dalam siklus konversi. Bahan, tenaga kerja, dan ongkos eksploitasi digunakan dalam proses konversi.

Siklus dan aplikasi

Aktifitas bisnis dasar digunakan untuk mengidentifikasi empat siklus transaksi yang lazim pada semua bisnis. Siklus transaksi ini berbeda-beda dalam berbagai perusahaan.

Contohnya, diperusahaan besar, siklus finansialnya rimit. Di perusahaan kecil, sumber dan pengguna modalnya lebih kecil sehingga siklus jauh lebih sederhana.

Perbedaan diantara perusahaan adalah nyata. Meskipun mereka melakukan aktifitas yang pada dasarnya sama dan transaksi akuntansi mereka merekam peristiwa ekonomi sama, semua perusahaan tidak dapat menggunakan sistem aplikasi yang identik.

Keuntungan Menggunakan Siklus Transaksi

Siklus transaksi menekankan sifat dasar semua proses bisnis dan akuntansi yang sedang berlangsung. Sebenarnya, aktifitas akuntansi terjadi secara konstan, persis sebagaimana halnya dengan aktifitas bisnis yang didalamnya sistem akuntansi beroperasi.

Siklus transaksi juga mendemonstrasikan bagaimana peristiwa di awali suatu siklus transaksi mempengaruhi peristiwa dan catatan berikutnya dalam siklus. Akhirnya, sistem informasi akuntansi memproses berjenis-jenis transaksi akuntansi, dan dalam melakukan hal itu, menghasilkan suatu ragam dokumen dan laporan.  

 

Sumber : Buku : 1. Sistem informasi akuntansi

Oleh: Soetojo soeparlan

Diterbitkan pertama kali oleh Gunadarma

http://viqih2307qiecky.blogspot.com/2009/12/siklus-akuntansi.html

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s