PERANGKAT SISTEM (tugas softskill sistem informasi akuntansi)

PERANGKAT SISTEM

PENDAHULUAN

Sebagai  seorang akuntan, anda akan berpartisipasi dalam proyek yang merancang dan melaksanakan sistem akuntansi. Bab ini menyajikan teknik yang berguna untuk melakukan tugas itu, termasuk bagan aliran, bentuk dokumentasi sistem lainnya, perangkat manajemen proyek, dan interview.

 

BAGAN ALIRAN

Bagan digunakan secara meluas oleh para auditor dan para analis sistem sebab bagan itu meringkas ide yang mungkin memerlukan banyak kata untuk digunakan. Sebelum mempelajari sebagian dari bagan aliran itu, anda sebaiknya pertama-tama kenal dengan simbol bagan aliran standar.

 

Simbol Bagan Aliran Standar

Untuk sebagian besar maksud, para akuntan menggunakan simbol bagan aliran standar yang direkomendasikan oleh American National Standars Institute (ANSI), International Organization for Standardization (ISO), dan International Business Machine Corporation (IBM). Simbol itu terbatas jumlahnya dan oleh karena itu cukup luas untuk menjelaskan sebagian sistem. Ada tiga macam simbol : dasar, pemrograman, dan sistem.

Simbol dasar bersifat fleksibel dalam penerapannya dan penting untuk diketahui sebab sering digunakan. Anda dapat menggunakannya dengan sembarang pemrograman atau simbol sistem.

Para programer menggunakan simbol itu, bersama-sama dengan simbol dasar, untuk menjelaskan logika program komputer. Para akuntan melihat keempat simbol pemrograman ini ketika melakukan tinjauan terhadap dokumentasi program bagi sistem komputer.

Jenis ketiga adalah simbol sistem, yang digunakan oleh para akuntan untuk mendokumentasi tinjauan terhadap kontrol internal dan untuk menjelaskan operasi terhadap sistem informasi yang diusulkan. Anda mungkin secara tepat menggunakan sebuah dokumen, sebuah display, atau malahan simbol sistem pita magnetik. Teknik pembuatan bagan aliran yang baik adalah menggunakan gambaran yang lebih khusus kapan saja memungkinkan.

 

Bagan Aliran Sistem

Bagan aliran sistem merupakan penyajian bergambar yang menunjukkan hubungan diantara proses. Garis aliran menyatakan rangkaian proses, dan simbol lainnya menyatakan input dan output bagi suatu proses. Para akuntan menggunakan bagan aliran sistem untuk menjelaskan proses yang menggunakan komputer, operasi manual, dan input serta output sistem aplikasi.

Bagan aliran sistem yang digambar secara tepat secara berganti-ganti menggunakan dua jenis simbol. Simbol yang menyatakan suatu operasi, seperti proses, operasi manual, atau simbol operasi bantu, didahului dengan suatu simbol yang menunjukkkan input bagi operasi.

 

Bagan Aliran Program

Bagan aliran program menunjukkan secara detail setiap langkah pemrosesan dalam program komputer. Sama dengan bagan aliran sistem, bagan aliran program menggunakan garis aliran untuk menunjukkan urutan langkah itu. Dokumentasi yang lengkap untuk sistem akuntansi mencakup bagan aliran program untuk semua program yang diidentifikasi pada bagan aliran sistem.

Para akuntan mungkin memeriksa bagan aliran program ketika mengevaluasi kontrol internal terhadap sistem yang berpangkal pada komputer. Bagan aliran lain yang digunakan para akuntan seringkali merupakan bagan aliran dokuman.

 

Bagan Aliran Dokumen

Sementara bagan aliran sistem menunjukkan aliran data di antara proses, maka bagan aliran dokumen menekankan aliran dokumen di antara unit organisasi. Para auditor menggunakan unit organisasi ketika mendokumentasi prosedur kontrol internal nasabah. Para analis sistem juga menggunakan unit organisasi itu untuk menjelaskan prosedur yang tidak menggunakan komputer ketika mendesain sistem baru.

 

DOKUMEN SISTEM YANG LAIN

Diagram Aliran Data

Diagram aliran data menggunakan sedikit simbol sederhana untuk menyatakan aliran data di antara proses, file dan tujuan eksternal. Diagram itu berbeda dengan bagan aliran sebab menekankan aliran data bukannya aliran dokumen atau rekaman yang berisi data.

Diagram aliran data berguna untuk menjelaskan aliran data pada tingkat yang berbeda. Diagram aliran data ada dalam bentuk yang berbeda-beda. Dalam rentetan simbol DeMarco-Yourdon, sebuah lingkaran menyatakan suatu proses, segi empat menyatakan tujuan eksternal bagi data (seperti pelanggan, pemasok, atau pekerja), empat persegi panjang yang terbuka pada dua sisi menyatakan suatu file data, dan anak panah menyatakan aliran data.

 

Bagan Sistem

Suatu bagan sistem memberikan penyajian grafik pada konfigurasi peralatan sistem komputer. Menurut konvensi, bagan sistem menunjukkan alat input disebelah kiri dan alat output disebelah kanan.

Bagan Struktur

Bagan struktur mengenali setiap modul yang membentuk program dan menunjukkan hierarki diantara mereka. Hierarki ini terjadi sebab modul tingkat tinggi mungkin menyebabkan eksekusi terhadap satu atau lebih modul yang jauh lebih rendah.

 

Tabel Keputusan

Perangkat sistem yang berguna lainnya adalah pembuatan tabel keputusan. Tabel itu memberikan cara yang singkat untuk meringkas hasil akhir keputusan yang kompleks. Tabel keputusan menawarkan kelebihan atas bagan aliran ketika terdapat banyak alternatif, namun tabel tersebut tidak mengungkapkan urutan.

Tabel keputusan adalah matriks yang terbagi dalam tiga bagian. Bagian separuh sebelah kiri tabel keputusan berisi dua bagian, yakni daftar kondisi dan daftar daftar tindakan.

 

PERALATAN MANAJEMEN PROYEK

Sistem yang berhasil adalah sistem dapat diselesaikan dalam jangka waktu yang layak. Proyek pengembangan sistem membutuhkan dari beberapa bulan hingga beberapa tahun untuk menyelesaikannya.

Manajer yang bertanggung jawab dalam proyek pengembangan dievaluasi dengan apakah proyek itu selesai tepat waktu dan sesuai dengan biaya yang dianggarkan.

 

Bagan Implementasi Gantt

Bagan Gantt merupakan bentuk bagan yang dikembangkan Henry L. Gantt pada awal tahun 1900-an. Pada bagan Gantt, sumbu horizontal menyatakan waktu kadaluwarsa (elapsed time) dan sumbu vertikal memuat daftar aktifitas.

Bagan Gantt mudah dikembangkan dan dipahami. Bagan Gantt ini memperlihatkan urutan aktifitas secara  lebih jelas dari pada anggaran waktu dan menunjukkan total waktu kadaluwarsa yang diperlukan untuk proyek itu.

 

Diagram Jaringan

Teknik jaringan yang digunakan secara meluas meliputi PERT dan CPM. Angkatan laut amerika menciptakan teknik tinjauan dan evaluasi program (PERT) dan pertama kali menerapkannya untuk mengembangkan peluru kendali.  E.I dePont de Nemours menciptakan metode jalur kritis (CPM) untuk mengelola kontruksi pabrik kimia.

Kebanyakan program komputer yang melaksanakan PERT menyajikan setiap busur panah dan mengidentifikasinya dengan simpul awal dan akhir. Diagram jaringan berguna dalam mengelola proyek pengembangan sistem sebab diagram ini memungkinkan manajer proyek memperkirakan efek mengalokasi kembali simber daya.

 

IKHTISAR

Bab ini menjelaskan tujuh teknik untuk mengembangkan dan meninjau sistem akuntansi. Ketujuh teknik itu adalah pembuatan bagan aliran, diagram arus data, bagan sistem, bagan struktur, tabel keputusan, bagan Gantt, dan diagram jaringan.

Tabel keputusan merupakan ringkasan hasil keputusan kompleks yang melibatkan banyak alternatif. Tabel ini memungkinkan seorang auditor atau analis untuk memeriksa akibat dari semua alternatif tetapi tidak menunjukkan urutan.

 

SUMBER: buku Sistem informasi akuntansi

Oleh: Soetojo soeparlan

Diterbitkan pertama kali oleh Gunadarma

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s