ANALISIS BIAYA-MANFAAT DARI KONTROL AKUNTANSI INTERNAL (tugas softskill sistem informasi akuntansi)

ANALISIS BIAYA-MANFAAT DARI KONTROL AKUNTANSI INTERNAL

PENDAHULUAN

Manajemen menyusun suatu struktur kontrol internal untuk mencapai tujuan perusahaan. Tujuan ini meliputi penyelamatan aset perusahaan dan memastikan data akuntansi yang akurat dan realibel (handal). Kontrol akuntansi internal memberikan jaminan yang wajar, namun tidak mutlak, bahwa tujuan itu akan dicapai.

Dalam bab ini anda akan mempelajari bagaimana para akuntan mengevaluasi kewajaran kontrol, praktek, dan prosedur kontrol. Prosedur yang disajikan dalam bab ini berguna untuk mengevaluasi kontrol dan untuk mematuhi hukum.

 

KONSEP JAMINAN YANG WAJAR

Pada kodifikasi itu, AICPA  menjelaskan konsep jaminan yang wajar sebagai berikut:

Penerapan dan pengelolaan sistem kontol internal adalah tanggung jawab penting bagi manajemen. Konsep dasar tersirat dalam definisi kontrol akuntansi dibahasa dibahasa dalam konteks bahwa.

Definisi kontrol akuntansi meliputi jaminan yang wajar, tetapi tidak mutlak, bahwa tujuan yang terungkap didalamnya akan diselesaikan oleh sistem. Konsep jaminan yang wajar mengenal bahwa biaya kontrol internal seharusnya tidak melampaui manfaat yang diharapkan untuk diturunkan.

 

 

MENGGUNAKAN ANALISIS BIAYA-MANFAAT

Untuk menggunakan analisis biaya-manfaat, para akuntan harus mengestimasi biaya dan manfaat suatu prosedur kontrol. Kemudian para akuntan membandingkan biaya dan manfaat dan membuat rekomendasi kepada manajemen mengenai implementasi.

 

MENGESTIMASI MANFAAT

Manfaat suatu prosedur kontrol adalah kualitatif maupun kuantitatif. Manfaat kualitatif adalah subyektif dan mungkin sulit diestimasi bila melakukan analisis biaya-manfaat. Manfaat kuantitatif adalah nyata dan lebih mudah disusun.

Manfaat ini meliputi pengurangan premi asuransi karena pembagian tugas lebih baik, pengembangan cash flow (perputaran uang) karena prosedur panagihan pelanggannya seketika.

ESTIMASI PROBABILISTIK

Kadang-kadang manfaat dari pengkoreksian sebuah kelemahan pengendalian harus diestimasi dengan menggunakan probabilitas. Beberapa ancaman terhadap integritas dan keamanan data adalah tidak mungkin. Meskipin demikian bial ancaman ini terjadi, biaya pemulihan mereka adalah substansial.

Estimasi probabilistik adalah berharga ketika melakukan analisis biaya-manfaat. Estimasi ini memungkinkan pemikiran risiko yang nyaris mustahil, tetapi terlalu besar untuk diabaikan. Mengkalkulasi nilai yang diharap memungkinkan anda mengevaluasi prosedur kontrol kuantitatif yang, tanpa estimasi probalilitas, harus dianggap secara kualitatif.

 

KENAIKAN BIAYA DAN MANFAAT

Biasanya manfaat dihubungkan dengan kenaikan dalam pendapatan dan pengurangan dalam biaya. Dalam istilah akuntansi, hal diatas, hal di atas merupakan kenaikan manfaat sebab mereka muncul melalui prosedur kontrol dan tidak muncul tanpa prosedur itu.

 

LANGKAH DALAM ANALISIS BIAYA-MANFAAT

  1. Estimasikan kehilangan potensial dari suatu ancaman terhadap sistem akuntansi. Dari suatu estimasi kemungkinan ini hitunglah pengungkapan resikonya.
  2. Tentukan suatu prosedur kontrol, bila diimplementasi, yang mengurangi risiko itu.
  3. Identifikasikan kenaikan biaya prosedur kontrol.
  4. Tentukan pengurangan risiko dalam pengungkapan yang timbul dari prosedur kontrol.
  5. Bandingkan kenaikan biaya dengan pengurangan dalam pengungkapan risiko.
  6. Perhitungkan manfaat kualitatif (ini sulit diungkapkan dengan istilah finansial) dan akurasi estimasi anda.
  7. Putuskan apakah mengimplementasikan prosedur kontrol ataukah tidak.
  8. Dokumenkan keputusan itu.

 

 

 

BIAYA DAN MANFAAT PROSEDUR KONTROL MANUAL

Untuk prosedur kontrol  nonkomputer, biaya utama adalah biasanya adalah gaji, upah, dan biaya terkait. Manfaat muncul dari pemakian aset yang berkembang dan pertanggungjawaban yang berkembang.

 

Suatu sistem rekening dapat diterima

Untuk mengetahui bagaimana mengestimasi biaya dan manfaat prosedur manual kontrol, perhatikan contoh sistem rekening dapat diterima. Dalam sistem ini personil penjualan menerima order dari para pelanggan. Klerk pengiriman memindahkan barang yang diminta dari gudang, mengepak baarang itu untuk pengiriman dan mentransfer mereka ke barisan pengangkutan. Bagian penagihan mempersiapkan faktur untuk barang itu dan mengirimkannya ke pelanggan. Bagian akuntansi kemudian mencatat penjualan itu dengan mendebet kontrol rekening dapat diterima dan rekening subsider dan mengkredit rekening penjualan dalam lajur umum.

Analisis biaya manfaat pada prosedur kontrol manual terutama dikaitkan dengan biaya yang berkaitan dengan tenaga kerja. Sebaiknya, analisis biaya manfaat prosedur komputer terutama menyangkut biaya peralatan komputer dan modifikasi software.

 

BIAYA DAN MANFAAT PROSEDUR KONTROL KOMPUTER

Prosedur kontrol komputer dilakukan oleh sistem hardware dan software komputer lebih banyak daripada oleh manusia. Prosedur ini meliputi kontrol pemrosesan contohnya sekuens, crossfooting, dan cek limit (limit checks), dan verifikasikan software mengenai identifikasi file internal. Karena komputer melakukan kontrol ini dalam sepersekian detik, kenaikan biayanya dapatlah diabaikan. Namun, menambahkan prosedur ini ke sebuah sistem yang ada akan mahal.

 

APLIKASI KOMPREHENSIF

Pertanggungjawaban untuk barang, persetujuan kredit independen, keamanan fisik, prosedur pencadangan file rutin adalah kontrol yang menunjukkan kelemahan khusus yang diidentifikasikan oleh seorang auditor.

Kadang-kadang para akuntan ingin mengevaluasi kewajaran penyelamatan keseluruhan sistem informasi komputer. Untuk melakukan hal ini, mereka mengidentifikasi semua ancaman pada data dan mengaplikasikan analisis biaya manfaat pada kontrol yang mencegah atau mendeteksi ancaman itu.

 

Analisis: Informasi dalam peran bank dalam manajemen biaya

Untuk pasar, ke pasar abad baru, situasi baru, satu-satunya cara untuk reformasi perbankan Cina.Selama bertahun-tahun, mekanisme operasi yang unik, industri perbankan Cina telah berangsur-angsur membentuk indikator kredit berat, manajemen internal cahaya, jumlah pertumbuhan kembali karakteristik operasi kualitas cahaya dan pertumbuhan.Mode operasi salah satu konsekuensi adalah bahwa konsep ketidakpedulian biaya, mengabaikan biaya – manfaat rasio yang tepat.Tidak hanya mengabaikan staf operasi dan manajemen dalam pengendalian biaya, bahkan personil manajemen internal, kurangnya data biaya dan teknik manajemen biaya yang diperlukan.Dalam proses perbankan secara bertahap reformasi berorientasi pasar, bersama dengan masalah lama terus menyoroti dampak negatif, taruh di bank sebelum reformasi juga jelas sampai – bagaimana mengubah pertumbuhan ekstensif pertumbuhan intensif, bagaimana sub-efisiensi manajemen operasional tingkat-gaya ke, perubahan manajemen terpusat datar, dan secara efektif meningkatkan risiko bank dan kemampuan-menolak, ia telah menjadi bank komersial pada tahap sekarang masalah mendesak kita.

Manajemen bank-bank asing dari perkembangan sejarah dan situasi saat ini muncul, dalam mengelompokkan perusahaan pengelolaan bisnis secara keseluruhan, sangat peduli tentang unsur-unsur berikut: fokus pada produk sub, sub-sektor dan analisis profitabilitas sub-regional; untuk manfaat pusat,Pelaksanaan produk, departemen, klien dan staf kami yang lebih luas analisis biaya-manfaat, untuk profitabilitas untuk pusat, harga produk lengkap-OK, pengelolaan anggaran, evaluasi kinerja; analisis rinci Zhuzhong informasi di dalam produk keuangan berdasarkan inovasi; informasi modern berarti pembentukan platform manajemen informasi bank.Hal ini telah menjadi bank asing terkemuka di dalam produk bisnis, jasa, ide-ide terkemuka merupakan faktor penting terkemuka hasil operasi.

Bahkan, bersama dengan integrasi dilanjutkan dengan lingkungan internasional, kecenderungan keseluruhan, industri perbankan dalam negeri telah sepenuhnya menyadari pentingnya kompetisi, belajar bank asing maju dengan kesenjangan besar, jelas perlunya reformasi perbankan.Anda dapat melihat empat besar bank-bank komersial milik negara dipimpin banyak lembaga perbankan telah mulai reformasi perubahan seperti ini.Tentu saja, inti dari reformasi ini akan menjadi proses, implementasi bertahap jangka panjang.Awal reformasi, harus didasarkan pada situasi aktual industri perbankan Cina, pertama sesuai dengan prinsip manajemen akuntansi, melalui informasi cara membangun sebuah integrasi data  manajemen perbankan, informasi.Sistem Informasi Manajemen akan dibangun di bawah kondisi operasi akuntansi sektor perbankan dan sistem manajemen, yang harus mencakup bank manajemen sumber daya manusia, keuangan, akuntansi, otomatisasi kantor, customer relationship management, manajemen aset, manajemen anggaran, biaya manajemen untuk mendapatkan persetujuan, biaya Guijidan manajemen berbagi dan manajemen biaya, manajemen aset kewajiban, dll, dengan bantuan sistem informasi untuk menjalankan, bank akan terintegrasi satu sama lain karena sejarah Du Li, Xiangduifensan bisnis dan manajemen data angka pembuatan kebijakan bank Zhichisuishi tepat Yi Ju.Dalam jangka panjang, hasil tahap awal reformasi akan meletakkan dasar yang kuat untuk stadium lanjut, stadium lanjut dari reformasi, pihak bank akan fokus pada aspek-aspek umum inovasi produk keuangan, jasa keuangan, memperbaiki dan meningkatkan daya saing inti dari sektor perbankan, realisasi kelancaran tujuan tahap ini akan memungkinkan industri perbankan Cina dalam tahap keuangan dunia berdiri posisi kompetitif yang menguntungkan.

 

 

RINGKASAN

Kontrol akuntansi internal dimaksudkan untuk memberikan jaminan yang wajar bahwa record akuntansi adalah akurat dan reliabel (handal) dan bahwa aset dijaga keselamatannya. Konsep jaminan yan wajar mengenal bahwa biaya kebijaksanaan, praktek, dan prosedur kontrol akuntansi seharusnya tidak melampaui manfaat dari kontrol itu.

 

 

 

 

 

 

 

SUMBER :

Buku : . Sistem informasi akuntansi

Oleh: Soetojo soeparlan

Diterbitkan pertama kali oleh Gunadarma

http://www.tekbar.net/id/cost-and-investment/analysis-the-information-in-the-bank- 39-s-role.html

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s