Pengertian CD-ROM (tulisan sistem informasi akuntansi)

CD-ROM (singkatan dari Compact Disc – Read Only Memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.

CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.

Dalam hal ini CD yang digunakan adalah CD-R (CD-ROM), CD-R/W (CD Re-Writable), dan yang saat ini berkembang adalah DVD-R dan DVD R/W. CD Drive merupakan tempat untuk meletakkan CD judul CD-R maupun CD R/W. secara fisik bentuk kedua CD tersebut sama, begiu juga kapasitas penyimpanannya antara 500 MB sampai dengan 800 MB. Namun secara fungsi kedua CD tersebut berbeda. CD-R pun begitu dilakukan burning (pembakaran) tidak bisa dihapus lagi, ini artinya proses pengisian atau penyimpanan data hanya bisa dilakukan sekali. Lain halnya dengan CD R/W, setelah kita melakukan penyimpanan data pada CD tersebut, data kemudian bisa dihapus dan selanjutnya dilakukan pengisian lagi. Meskipun kapasitas penyimpanan datanya lebih kecil dibandingkan dengan hard disk namun kelebihan penyimpanan data dalam bentuk CD adalah selain portable, juga tidak bisa terkena virus (untuk CD – Read). Kecepatan pembacaan data ditunjukkan dengan kecepatan yang tertera pada perangkat CD/DVD tersebut misalnya CD RW 52 X-24X-52 X.

sumber : http://hafidzazikri.blogspot.com/2009/08/pengertian-cd-rom.html
http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/2068216-pengertian-cd/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s